Hati-Hati, Jangan Sampai Terlambat Perpanjang SIM!

"Padahal cuman lewat sehari aja nih perpanjang SIM, eee disuruh tes dari awal lagi seperti bikin baru", curhatan seorang Emak-Emak salah satu wali kelas di sekolah anak saya sekitar setahunan lalu. Si Emak bersuami bule Amrik tersebut langsung cerita ke saya, tes yang dijalani juga sama seperti saat pertama kali mau bikin SIM, baik itu tes tertulis maupun praktek.

"Duh males banget kan mbak kalo gitu", begitu tambahnya sambil terlihat kesal.

Well, saya juga bakalan kesel kalo harus ngulangin dari awal lagi dalam perihal pembuatan SIM. Bukan apa-apa sih, secara sebagai emak-emak anak 2, yang keliatannya cuma wara-wiri anter jemput sekolah ama les doang, gini-gini punya jam terbang cukup tinggi #tsahhhh :P

Dari cerita harus tes lagi gegara telat sehari perpanjangan SIM, maka saya pun langsung ngecek SIM A dan SIM C saya. Ternyata masa berakhirnya di minggu-minggu awal bulan Februari 2020. Langsung lah wanti-wanti ke diri sendiri, jangan sampai lupa!

Pindah Jakarta, Ngurus SIM Alamat Jogja, Dimana Jadinya?

Bersamaan dengan pindah ke Jakarta, saya sebenarnya udah pengen ngurus perpanjangan SIM sebelum pindah. Tapi manusia manapun pasti tau, betapa ribetnya ketika ngurus pindahan, jadilah saya putuskan untuk menunda dulu. Dalam pikiran saya, bisa balik ke Jogja kisaran Januari atau saat anak-anak libur sekolah. Atau mungkin gak saya perpanjangan SIM di Jakarta aja, artinya beda lokasi perpanjangan SIM. 

Langsunglah inget, punya kenalan yang suaminya kebetulan polisi. Saya menanyakan apakah bisa memperpanjang SIM di beda kota beda propinsi. Ya info dari google udah ada, tapi semacam biar mantep aja kalo konfirmasi langsung ke pihak yang bener-bener tau.

Dan ternyata, benarlah info yang saya dapatkan di google, kalo kita ternyata bisa perpanjangan SIM dimana aja, beda kota pun gak masalah, karena sudah serba online.

Lalu saya mencari info tentang pengurusan SIM di Jakarta, eh Bekasi tepatnya, atau Bekasi-Cibubur, tempat tinggal saya sekarang. Bekasi mepet Cibubur :D

Ketemulah di beberapa tempat, saya lakukan survey, tapi ternyata tempat yang terdekat dengan lokasi saya, ternyata belum beroperasi seperti yang tertera di berita online. Tuh kan, gak semua info di online itu benar realitanya. Inilah perlunya cek & ricek. Saya sengaja cek dulu, biar nantinya gak terlalu mepet dan panik ketika mau memperpanjang SIM A ataupun C.

Dan akhirnya, setelah menimbang matang-matang, saya memutuskan untuk perpanjangan SIM di Jogja, karena memang sudah punya rencana untuk ke Jogja di libur sekolah anak-anak. Pertama untuk mengambil beberapa barang yang masih tertinggal saat pindahan ke Jakarta. Kedua, Ibu saya alias Eyangnya anak-anak pengen banget nengok kondisi rumah saya di Jakarta sejak pindahan ini. Nah, langsung lah sekalian aja buat ngurus SIM kan?

So, here we go, Jogjaaa I'm coming :D

Pengalaman Perpanjangan SIM A & SIM C Jelang Akhir Tahun 2019

Secara saya ke Jogja menjelang akhir tahun 2019, maka saya juga harus cek lagi, tanggal buka dan tutup pelayanan SIMnya. Pilihannya tentu ke SIM Keliling atau SIM Corner terdekat rumah Ibu di Jogja. Kepepetnya misal pada tutup, ya mau gak mau, saya harus ke Polres terdekat, which is ini hitungan jaraknya cukup jauh, dan macet luar biasa ketika musim liburan akhir tahun di Jogja.

Ketika 5 tahun lalu, saat saya masih bekerja di Radio Rakosa, saya melakukan perpanjangan SIM di tempat saya bekerja ini. Tapi SIM Keliling di Radio Rakosa Jogjakarta, hanya beroperasi hari Jumat. Sementara saya sampai Jogja baru Jumat malam, dan Jumat depan sudah balik ke Jakarta.

Teringat saya, dengan seorang teman content writer, yang pernah melakukan perpanjangan SIM di Jogja City Mall. Setelah tanya-tanya, pagi hari harinya saya langsung menuju mall yang berada di kawasan Jalan Magelang ini. Tepatnya di hari Senin tanggal 30 Desember 2019. 


Perpanjangan SIM A & SIM C di Jogja City Mall

Udah pede banget dong, dateng cukup pagi jam 8an, karena infonya formulir udah dibagikan mulai jam 7 pagi, meski pelayanan baru mulai jam 9. Berada di kawasan parkiran P2, dimana ini parkiran cukup bawah. Untungnya saya pergi bareng anak saya, lumayanlah ada yang nemenin, gak lucu kan kalo ada yang nongol-nongol di gelap-gelap sambil cekikikan. Fix, kebanyakan nonton youtube genre horror! 

Setelah menerobos gelap, barulah di P2 lampu lumayan terang. Ternyata di jam 8-an pagi, udah ada sekitar 20 orang yang antri. Beberapa ngisi formulir, beberapa tanya-tanya. Dengan langkah percaya diri saya ke meja admin. "Fotocopiannya?", tanya si Bapak.

Barulah saya ngeh. Hadeh. Lupa lagi fotokopi. Padahal udah sempet cari infonya, dan nemu tentang syarat fotokopi, tapi sayanya yang lupa. Terlalu fokus sama nyari tempat perpanjangan SIM doang sih :D

Nah buat Om Tante sekalian yang juga mau perpanjang SIM, jangan lupa sama syarat berikut yes. Karena bukan saya aja yang gak notice/ lupa sama syarat ini, banyak juga ternyata yang datang berbarengan dengan saya :D

1. SIM asli yang akan diperpanjang
2. Fotokopi SIM yang akan diperpanjang
3. KTP asli
4. Fotokopi KTP 
5. Surat keterangan sehat (tersedia di sim corner)

Lalu saya tanya di Bapak yang tugas di meja admin tersebut, apakah tanggal 31 masih buka? Ternyata masih buka, tapi cuma sampai jam 11 siang. Baiklah, saya putuskan datang besok lagi. Daripada harus antri lebih lama lagi karena di jam 8 itu sudah lumayan antriannya. Belum lagi saya harus keluar mall dulu buat cari tempat fotokopian.

Esok harinya, Selasa 31 Desember 2019, saya datang lagi ke SIM Corner Jogja City Mall. Lebih pagi dari sebelumnya. Jam 7.30an saya sudah sampai, dan baru ada 3 orang termasuk saya yang mengambil formulir. Karena tutupnya lebih cepat, maka pelayanannya pun juga dipercepat. Menunggu sebentar untuk mendapat surat keterangan sehat, lalu difoto, dan beberapa saat kemudian SIM udah jadi. Untuk biaya perpanjangan SIM per desember 2019 saat saya melakukan perpanjangan, SIM A sebesar Rp 80.000,00 dan SIM C Rp 75.000,00.


Tips Perpanjangan SIM

1. Cek dan perhatikan benar kapan tanggal berakhirnya SIM, jangan sampai telat. Kadang ada beberapa toleransi ketika tanggal merah, tapi sebaiknya hindari banget deh, kecuali kita bener-bener dapet info valid berapa hari toleransinya dari tanggal berakhirnya SIM. Intinya sih, usahakan jangan sampai harus ngulang tes dari awal lagi. Kecuali kamu no problem, kamu sungguh sangat selo, silahkan aja :D

2. Siapkan budget. Baik itu untuk perpanjangan SIM, biaya surat keterangan sehat juga. Bisa jadi di tahun-tahun lain berbeda, cari aja info beritanya di artikel terbaru.

3. Datang lebih awal. Kalo pengen dapet pelayanan lebih cepat, memang sebaiknya kita datang lebih awal. Seperti SIM CORNER di Jogja City Mall, ini sebenernya baru mulai jam 9, tapi jam 7 udah mulai berdatangan. Kecuali kalo kita pengen nongkrong lama-lama, bisa bawa cemilan atau budget tambahan buat jajan :D

Nah, gimana gaes, kapan tanggal berakhirnya SIM kamu, yuk cek cek cek!




You Might Also Like

6 comments

  1. Iyaaa, aku pun takut banget waktu banyak yg bilang telat sehari aja sekarang harus bikin baru. Akhirnya kurang 3 minggu expired udah sibuk cari info sana sini.

    Btw, ternyata bukan cuma aku aja ya yg bayangin cerita horor di parkiran P2 JCM wkwkwk... Kepagian sih kita datengnya hehehee ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih horor kalo harus ngulang tes SIM kakkk, wkwkwkkk

      Delete
  2. Langsung pucat pasi saya pas baca judulnya, soalnya sejak jadi mamak-mamak rumahan, jarang banget ngeh dengan SIM, tapi saya ingat, SIM itu seusia dengan anak saya yang pertama, sekarang usianya 9 tahun, berarti aman, nanti 10 tahun baru perpanjangan lagi hahaha.

    Ih bener Mba, malas banget kalau disuruh test lagi, saya soalnya sudah pasti nggak lulus kalau test ulang *kabooorrrrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya males banget kalo suruh tes lagi, mana sempetttt kita emak-emak cibuk begini, xixixixii

      Delete
  3. Wah, sim C aku sudah lama mati mba. 😣
    Jadi, ulang lagi dari awal deh prosedurnya. Terima kasih atas infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba, telat sehari pun sekarang udah harus tes lagi 😆

      Delete