SIM Model Baru, Tidak Pakai Acuan Tanggal Lahir Lagi! Perhatikan!

Yes, sesuai dengan judulnya, SIM model baru sudah tidak pakai acuan tanggal lahir lagi sebagai tanggal batas waktu perpanjangannnya. Padahal kalau suruh milih, saya lebih senang dengan acuan tanggal lahir, bisa otomatis inget. Tinggal nginget atau ngecek tahun berakhirnya aja.

Apalagi banyak tuh yang masih perlu kita inget seputar tanggal-tanggal perpanjangan. Misal STNK, terus pajak rumah, BPKB, ini kan semua berdasar tanggal dibuat/ diperpanjangnya. Terus sekarang SIM model terbaru juga pakai cara yang sama. Duh rek, jadi makin banyak yang perlu dihapalkan.

Ya bisa sih pakai alarm di hape, tapi teteppp aja ya, perpanjangan SIM model baru dengan tidak pakai acuan tanggal lahir lagi, itu menambah was-was, takutnya telat!

SIM Model Baru Itu Namanya "SMART SIM"

Oke, sebelum kita bahas lebih panjang lebar, kenalan dulu yuk sama SIM model baru ini.

Namanya SMART SIM. Dilansir dari website indonesia.go.id, Smart SIM ini diluncurkan bersamaan dengan layanan SIM online pada peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, pada hari Minggu 22 September 2019.


Lalu apa bedanya Smart SIM dengan SIM yang lama dan sudah lama beredar sekarang di Indonesia?

Smart SIM ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur canggih. Termasuk bisa memuat data pelanggaran hingga data kecelakaan si pemilik SIM. Bahkan, memiliki fungsi sebagai uang elektronik yang bisa digunakan untuk membayar tol, parkir ataupun sebagai alat transaksi saat berbelanja. Pengisian saldo maksimal di Smart SIM disebutkan bisa mencapai 2 juta rupiah.

Wow! Kalau SIM punya fungsi sama seperti uang elektronik, saya kok malah takut ya? Secara kalau di Jakarta begini, cukup aktif memakai kartu e-Toll atau Flazz, dan ini termasuk yang kalau naro di mobil atau dompet pun, kadang masih aja suka keslingsut. Secara sering banget dipakainya. Nah, apa kabar jadinya kalau ini SIM. Terus keslingsut, hilang? Duh, masa ya harus bikin lagi? Apa kalau hilang nantinya kita juga harus bikin baru seperti lewat masa perpanjangannya?


Ingat, SIM Telat Sehari, Wajib Bikin Baru!

Weladalah, ini saya pun baru ngeh, ketika sempat ngobrol dengan salah satu orang tua murid di sekolah anak saya. Terus pas perpanjangan SIM A & C di Jogja City Mall akhir tahun 2019 lalu, beberapa orang yang terlambat melakukan perpanjangan SIM, tidak bisa memperpanjang di SIM Corner/ SIM Keliling, tapi harus ke kantor kepolisian terdekat. Inipun harus bikin baru, mengulang dari awal tes pembuatan SIM, baik tertulis maupun praktek. Duh, males banget gak sih :(

Padahal, saya waktu perpanjangan SIM 5 tahun lalu, itu hitungannya lebih 1 minggu dari masa berlaku (which is batasnya adalah tanggal lahir). Kalau tidak salah dulu masih ada toleransi waktu untuk perpanjangan SIM dari tanggal aktifnya.


Hyaaa, jadinya saya kecepetan 1 bulan sekian hari dong ini perpanjangan SIMnya. Padahal maksudnya saya duluin, biar gak kelupaan nanti pas masa berakhir tepat di tanggal lahir, 7 Februari 2020. Ternyata pas saya cek lagi, berakhir SIM di masa perpanjangan berikutnya adalah tanggal 31-12-2024, 5 tahun lagi setelah perpanjangan di 31-12-2019 lalu.

Yo wes gak papa, yang penting para pembaca yang budiman yang mampir ke blog ini, jangan lupa diinget-inget tanggal ulang tahun saya ya :D






35 comments

  1. Hahahaha...sama Mba suka ketlingsut kalo taruh apa-apa. Btw asik juga ya SIM bisa berfungsi seperti e-money.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iyaaaa naro sendiri, terus ngomel-ngomel sendiri karena lupaa 😅

      Delete
  2. Beneran baru tahu informasi ini, makasih ya Mbak sudah berbagi.

    ReplyDelete
  3. Saya baru tahu nih Mbak, ckck. Untunglah sudah singgah ke blog ini.

    Haha siplah 7 Februari

    ReplyDelete
  4. Baru tahu info ini, keren ya sim-nya bisa jd e-money juga fungsinya. kebetulan simku tahun ini kudu diperpanjang lagi. Tq sdh diingatkan mb.

    ReplyDelete
  5. Saya sudah tahu soal smart sim ini. Tapi belom dapet smart simnya huhu.. Keren ya mba Ina :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bagus sebenernya tapi kayak masih belum kebiasa liatnya, belum bisa move on dari bentukan desain sim lama

      Delete
  6. Waah....bisa kececer dimana=mana nih klo multi fungsi begitu. Th depan SIM A saya berakhir, boleh pilih ga biar sama aja dengan yg lama...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mb, saya kok juga lebih prefer bentukan SIM lama

      Delete
  7. Keren nih tampilan baru untuk SIM. Sayang, saya kayaknya gak bakal mengurus SIM. Bukan apa-apa, saya gak bisa bawa kendaraan. Huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayukk belajar bun, kakak saya belajar pas umur hampir 50an, nyetirnya alon-alon gakpapaaa, yang penting nyampe ☺️

      Delete
  8. Wou Baru tau q Mbak ternyata ada sim model baru to, Sim q matinya masih lama, tapi kalau bisa di gunakan untuk nyimpen uang ada enak nggaknya, tidak enaknya klo kena tilang jangan-jangan langsung otomatis saldo di SIM ke potong wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya juga ya, tiba-tiba saldo kepotong aja tuh ntar 😅

      Delete
  9. Model SIM baru seperti E-KTP ya, keren. Selain itu fungsinya juga jadi lebih banyak lagi, bisa untuk e-toll. Terima kasih informasinya Mbak.

    ReplyDelete
  10. Ternyata ada metode baru perpanjangan sim.

    ReplyDelete
  11. Wadoooo, aku pas baca ini auto bukak journalku sing isine mengenai pembayaran begini-begini euy haha. Ternyata sudah berlaku dan cukup ngeri juga sih secara kalo dijadii. E-money ga kebayang itu ketelisut trus ngurus e sing nggarai ngelu mbaaak wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kuwi mbak, masalah emak-emak ngene ki opo-opo sok keslingsut je 🙈

      Delete
  12. OMG mbaa, kemana aja nih aku. Sumpah aku baru tahu coba soal SIM SMART ini. Dan, kebetulan, SIM aku hilang dan mau bikin lagi. Abis baca ini, pengennya langsung aja kali ya bikin SIM SMART, biar kekinian gitu, hahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti aja bikinny mepet tanggal berakhirrrrr, sayang ntar keduluan kek aku nih, hehe

      Delete
  13. Sungguh aku baru tau mb
    Aku perpanjangan sim des 2018 masih acuanny tgl lahirr soalny
    SIM baru ni lebih canggih y btw
    Bagus dahh hehe

    ReplyDelete
  14. wuiih wuih, jadi pengen ngurus SIM tapi SIM apaan yak, bawa kendaraan nggak ada yang bisa satupun... tepok jidat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang mbk, sekarang udah eraaaa ojol. Andai ojol ada dari dulu, keknya saya juga gak akan pernah belajarrr

      Delete
  15. Wooo.. Kak Inna udah SIM Smart ya. Klo aku Juli 2019 berarti masih SIM lama dong ya, expirednya pake tanggal lahir, bukan tanggal bikin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ntar kalo perpanjangan lagi, berarti udah pake tanggal bikin kakkk

      Delete
  16. Yaps, teman saya beberapa waktu lalu pamer SIM barunya. Ya gitu, telat perpanjangan, dan akhirnya buat baru. Beneran kudu disiplin waktu, ini mah. Set alarm paling kenceng. Hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, sekarang harus inget bangettt, kalo enggak bisa kebablasan

      Delete
  17. Antara SIM dan tanggal lahir, jadilah fokusnya daku ke tanggal lahir aja, lah, haha

    ReplyDelete
  18. wah saya kalau inget pembuatan sim hawanya bikin malas ngeselin

    ReplyDelete

EmakEksis.com | A Lifestyle Blogger
Theme by MOSHICOO