Tips Memilih Sekolah Pertama Untuk Anak

Melihat perubahan kurikulum yang serba mak jegagik, tiap ganti menteri ganti kurikulum, pernah bikin saya was was, gimana kalo pilih sistem homeschooling saja untuk anak-anak sekolah. Riset demi riset saya lakukan, sampai akhirnya jatuh pada pilihan, memilih sekolah formal tapi yang bisa mewadahi minat bakat anak. Ya, meski kadang sekolah tipe begini, harganya bisa lebih wow! Artinya emak bapakke, kudu lebih giat mendulang rejeki :D

Memilih sekolah pertama untuk anak, ini juga berarti memilihkan pondasi untuk anak, baik itu secara intelektual dan kecerdasannya, dan buat saya yang terpenting adalah moral dan akhlak.

Memilih sekolah pertama untuk anak, artinya juga memberi kesempatan anak untuk bereksplorasi dengan dunianya. Makin nyaman anak di lingkungan barunya tersebut, maka ia pun akan makin enjoy berada di sekolah.


Nah, lalu apa saja yang perlu kita pertimbangkan saat memilih sekolah pertama untuk anak?



Masa Golden Age

Pertimbangan utama dan pertama, adalah dengan melihat usia anak yang masih berada di usia emasnya. Usia ini, otak bekerja begitu pesatnya, menyerap segala sesuatu di sekitarnya dengan sangat cepat. Tentunya, pertimbangan ini bisa jadi acuan, karena memilih lingkungan sekolah yang tepat untuk anak di masa golden age ini sangat penting.


Anak Sudah Siap Sekolah?

Melihat beberapa faktor kesiapan anak sekolah, seperti apakah ia sudah mulai terlihat antuasias dengan hal-hal yang berkaitan dengan sekolah, pernahkah kita ajak ngobrol dengan sekolah itu apa dan seperti apa, dan apakah anak-anak suka bermain dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan sekolah. Jika sudah, ini bisa jadi pertanda bahwa anak kita siap masuk ke sekolah pertamanya.

Jarak Sekolah

Untuk anak-anak usia balita, faktor jarak sekolah juga sebaiknya perlu kita pertimbangkan. Jika sekolah terlalu jauh, bisa dibayangkan anak bisa bete dan bahkan kelelahan ketika menempuh jarak berangkat dan pulang sekolah. Usahakan di awal-awal anak masuk sekolah, kita pilihkan yang nyaman secara jarak, supaya mereka nyaman dan kesehatan juga lebih terjaga.

Sejatinya, memilih tips sekolah pertama untuk anak,

Sistem & Kurikulum Sekolah

Jangan segan-segan untuk tanya ke calon sekolah yang kita tuju, tentang sistem sekolahnya, misal sistem penjemputan anak itu seperti apa, apakah sudah safe atau belum? Bagaimana guru-gurunya, apakah mereka terlatih menangani segala macam karakter anak, dst. Berikut pula dengan kurikulum sekolahnya. Apakah kita ingin memasukkan sekolah umum, ataukah sekolah dengan kurikulum khusus keagamaan, dll. Tanyakan segala hal yang ingin kita tau, dan bahkan kita bisa tanya juga ke orang tua murid yang sudah menyekolahkan anak mereka di tempat tersebut, supaya kita makin yakin dengan sistem dan kurikulumnya.

Siapkan Budget

Yes, ini juga termasuk salah satu yang perlu kita siapkan matang-matang. Budget. Inilah kenapa sebaiknya kita lakukan survey beberapa bulan bahkan 1-2 tahun sebelumnya, biasanya ada kenaikan tapi kita perkirakan. Nah dengan adanya perkiraan, maka kita bisa hitung-hitung budget yang perlu kita siapkan saat pendaftaran sekolah si kecil.

Nah, gimana Mak, udah siap nyari sekolah pertama untuk anak-anak? Kira-kira apalagi yang perlu dipertimbangkan selain 5 tips diatas?





You Might Also Like

0 comments