Dolittle, film pertama Robert Downey Jr. setelah menggantung armor Iron Man dari film Avengers End Game tahun 2019 lalu. Jangan harap menemukan sosok Robert yang 100% berbeda saat ia memerankan Dokter Dolittle, karena ada beberapa senyuman khas dan cara bicara yang Tony Stark banget. Ya, gimanapun Robert ternyata belum bisa lepas dari bayang-bayang karakternya sebagai Iron Man di dalam film fenomenal besutan Marvel.

Ketika sebagai Iron Man, maka kekuatan berasal dari outfitnya, sementara dalam film Dolittle, kemampuannya berbicara dengan binatang adalah sesuatu hal yang membuat sosoknya istimewa. Sebagai dokter yang bukan hanya bisa mengobati manusia, tapi juga binatang yang membutuhkan bantuannya.



Bagus Mana, Dolittle Versi Eddy Murphy atau Robert Downey Jr.?

Dari info yang saya dapatkan, Film Dolittle ini juga ada di era 1967, tapi karena saya belum pernah nonton, jadi saya review versi 1998 yang diperankan Eddy Murphy, disandingkan dengan Dolittle versi terbaru yang tayang mulai pertengahan Januari 2020 ini.



Tingkat Kelucuan

Ya, tidak bisa dipungkiri, kalau image Dolittle itu lucu. Salah satu part yang ditunggu-tunggu adalah, kapan nih lucunya? Bagian mana yang lucu?

Eddy Murphy, memang seorang komedian, dari ekspresi wajahnya saja, kita sudah bisa tertawa. Yang saya alami, ketika nonton Dolittle versi lama, meskipun berkali-kali, tetap saya bisa tertawa dan cukup terpingkal-pingkal.

Beda halnya ketika nonton Dolittle versi baru yang diperankan Robert Downey Jr. Ada kesan lucu sih, tapi semacam kurang nendang. Nanggung lucunya. Kalau Robert bisa bermain cukup apik saat memerankan Charlie Chaplin, sehingga mendapat bintang 7.6 di IMDB, sementara dalam film Dolittle ini tampaknya ada usaha cukup keras bagi Robert, supaya tampak lucu. 

Kenapa kalau Robert berperan sebagai Tony Stark di film garapan Marvel, ketika ngebanyol terdengar lucu? Barangkali karena itu ada bumbu dari Film Avengers supaya tidak terlalu serius. Tapi ketika berada dalam scene film yang *diekspetasikan lucu*, maka saya bilang bahwa Robert cukup kewalahan di Film Dolittle ini.

Alur Cerita

Dari sisi jalan cerita, Dolittle versi 2020, tampak lebih mature, lebih terasa sisi dramanya, sekaligus ada becanda, ada sisi serius, ada sisi perenungan yang kadang terlihat mendalam di beberapa scene. Alur di era 2020 ini juga lebih mengalir seperti cerita kita sebagai manusia biasa, tidak terlalu dibuat-buat seperti Dolittle era 90-an.

Hanya saja, meski film ini memang cocok untuk ditonton seluruh keluarga, semua umur, tapi pemilihan kata-katanya terlalu tinggi. Sasha, anak saya, 8 tahun, malah sempat tidur, saking bosannya. Eh, suami saya juga ding, hahahaha. Karena suami saya suka dengan film yang benar-benar action, harus ada seru-seruannya.

Bukan, bukan flat sebenarnya film Dolittle ini, hanya secara kejutan, masih kurang. Plot twist juga masih kurang tajam. Saya terbilang menikmati, tapi tidak mengkotakkan film ini termasuk dalam *film jelek*.

Jadi kalau mencari film lucu, Dolittle bukan jawabannya, film cenderung cukup berat untuk dicerna anak-anak. Tapi secara adegan per adegan dan juga pemilihan kata, film ini sangat Kids Friendly.

Sinopsis Film Dolittle 2020, Robert Downey Jr.

Film ini diawali dengan scene animasi kartun, yang mengisahkan perjalanan John Dolittle yang menemukan tambatan hati, Lily, yang akhirnya dipersunting menjadi istrinya. Kepergian Lily ini membuat Dolittle jadi terburuk, mengurung diri di dalam rumahnya yang megah bersama dengan binatang-binatang yang setia menemaninya.

Kemampuannya sebagai Dokter inilah, yang membuat Dolittle juga dicari oleh pihak kerajaan, yaitu Lady Rose yang meminta tolong ke Dolittle untuk mengobati Ratu Victoria yang sedang sakit parah. 

Awalnya Dolittle menolak untuk ikut ke istana, tapi setelah mengetahui kalau Ratu meninggal artinya Dolittle bisa kehilangan rumah dan tempatnya merawat serta menjaga binatang yang ikut dengannya selama ini, maka ia pun setuju untuk membantu.

Dengan kepiawaiannya bisa berbicara dengan binatang, maka dari sinilah semua bermula saat Dolittle datang ke istana. Sampai kemudian ia harus berangkat ke suatu tempat mengambil buah dari Pohon Eden yang dipercaya sebagai obat segala penyakit.

Tentunya tidak mudah, Dolittle harus menghadapi aneka hambatan, termasuk suruhan dari dalam Istana sendiri, dan kejutan kecil ketika ia bertemu dengan Ayahnya Lily di suatu pulau.

Akhirnya bisa ditebak sendiri kan ya? Ala-ala film untuk anak, yang selalu happy ending 😊


Akting Robert Downey Jr. Sebagai Dolittle Biasa Saja? Akting Pendatang Baru Lebih Keren?

Seperti yang sudah saya utarakan di paragraf-paragraf awal, bahwa Robert cukup kepayahan membawakan karakter Dolittle yang super kocak, bahkan aksen Britishnya tampak sedikit dipaksakan.

Justru saya terkesima dengan penampilan pendatang baru, yaitu Carmel Laniado, yang berperan sebagai Lady Rose. Dari IMDB saya ketahui bahwa sepak terjang Carmel Laniado di dunia perfilman baru film Dolittle ini, dan 1 lagi film series.

Data IMDB 2020

Anak muda ini bukan hanya cantik, tapi juga natural, dan begitu menjiwai. Seolah-olah ia lebur dengan perannya. Jadi tidak sabar, menanti film-film Carmel Laniado berikutnya. Malah saya bilang, aktingnya lebih bagus daripada pemeran Stubbins yang diangkat murid oleh Dolittle dan punya kemampuan yang sama, yaitu bisa bicara dengan binatang.

Cantik ya Si Carmel ini? Berbakat pula. Bakal aktris masa depan dengan karir oke nih!

Harry Collett yang memerankan Stubbins ini saya perhatikan sebagai bridging ke penonton supaya tetap mendapatkan feel kedekatan hubungan Spiderman & Tony Stark di Avengers, jadilah memasang karakter Stubbins yang diperankan lelaki muda seperti Spiderman, sosok yang dekat dengan Iron Man.

Well, ada yang sudah nonton Film Dolittle tahun 2020 versi Robert Downey Jr. ini jugakah? Ada tambahan mungkin? Mau kasih bintang berapa buat film ini? Di IMDB  5 koma sekian, sadis eui! 😄

3 Comments

  1. Aku belum nonton. Jadi penasaran pas mak bilang kalau downey harus usaha ekstra buat ngelucu. Soalnya aku udah dari kecil nonton film ini yang versi eddy Murphy. Jadi penisirin

    ReplyDelete
  2. Aku belom nonton filmnyaaa huhu.. padahal suka banget sama Robert Downey Jr. Secara dikotaku gakada bioskop, sedih T.T

    ReplyDelete
  3. belum nontn nih film nya.. tapi udah baca reviewnya haha nontn yang lain aja dehh

    ReplyDelete