Skip to main content

5 Tips Mandi Sehat Dengan Cara Yang Baik & Benar

Halo Mak, gimana nih selama ini mandinya suka terburu-burukah? Secepat kilat? Haduh Mak, sayang loh, padahal mandi itu bukan hanya sekedar rutinitas untuk membersihkan badan, tapi juga bisa punya efek memanjakan tubuh, me time, relaksasi, bahkan terapi diri.

Kalau kita serba buru-buru mandinya, gimana mau dapet efek psikologis yang maksimal juga, lha wong bersih secara raga saja belum tentu!

Belum lagi nih, Mak, dengan mandi secara baik dan benar, bisa punya manfaat juga untuk kesehatan kulit. Tapi dengan catatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih!


Mandi Yang Baik & Benar, Mandi Yang Berkualitas

Mandi yang baik dan benar, artinya kita bisa mendapatkan mandi yang berkualitas. Artinya pula, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, diantaranya sebagai berikut

1. Durasi Mandi

Nah, ini yang penting, durasi mandi. Jangan terlalu cepat, karena proses membersihkannya tidak bisa maksimal. Daki-daki dan aneka kotoran yang menempel, tentunya bisa lebih jadi pusat perhatian kalau kita mandi dengan lebih memperhatikan waktunya. Durasi 10-15 menit, adalah cukup ideal untuk sekali mandi. Jangan terlalu lama juga, boros tuh air!

2. Frekuensi Mandi

Untuk kita yang tinggal di negara iklim tropis begini, idealnya mandi sehari 2 kali. Cuaca yang sering panas, tentulah bikin gerah. Meski nih ya Mak, hidup kita sehari-hari berada di ruang berAC, tapi tetap saja, kulit itu butuh kelembaban Mak. Ruangan berAC bikin kulit kering, nah mandi bisa membantu melembabkan kulit, apalagi jika ditambah dengan lotion yang tepat.

Cuaca seperti di negara kita ini, membuat kita mudah berkeringat, yang otomatis bikin aroma tubuh tidak sedap, kan? Disinilah pentingnya kita rajin mandi, Mak, paling tidak sehari 2x, supaya badan tetap segar dan aroma sedap yang tidak mengganggu orang-orang sekitar kita.

3. Suhu Yang Tepat

Pastikan air yang kita gunakan saat mandi, tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Mandi air hangat memang punya manfaat tersendiri, yaitu bisa memperlancar peredaran darah dan melemaskan otot-otot yang kaku. Tapi jika terlalu panas, bisa membuat kulit kita kering hingga teriritasi.

Begitu pula dengan mandi air dingin, secara positif bisa memberi efek meredakan kecemasan dan bahkan meningkatkan kekebalan tubuh, terutama ketika kita mandi saat pagi hari, beberapa menyebutkan mandi sebelum Subuh dengan air dingin, bisa membuat kulit lebih sehat dan meningkatkan imunitas tubuh. Tetapi jika terlalu dingin, bisa mempersempit pembuluh darah dan juga menimbulkan hipotermia.

Mandi yang sehat, mandi dengan baik dan benar. Pic: pexels

4. Pakai Alat Mandi Sendiri

Buat kita yang tinggal serumah dengan banyak anggota keluarga, atau bahkan kita kos di suatu tempat dengan banyak penghuni kos lainnya, sangat perlu memperhatikan alat mandi yang kita gunakan. Jangan sampai pakai secara bersama-sama. Terutama seperti sabun (batangan), sikat gigi, handuk. Karena alat mandi yang dipakai beramai-ramai, dikhawatirkan bisa menjadi media penularan penyakit.


5. Pilih Produk Yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Satu lagi yang juga layak diperhatikan saat mandi adalah, apakah kita sudah memakai produk yang tepat? Kulit kering, pasti butuh produk yang melembabkan kulit tubuh saat mandi. Apalagi kulit sensitif, perhatikan sekali dari sisi menggosok yang jangan terlalu kencang hingga jangan terlalu sering memakai air hangat karena membuat kulit makin teriritasi.

Nah, Mak, dari 5 poin diatas tentang cara mandi sehat yang baik dan benar, poin-poin mana yang belum Mak terapkan selama ini? Komen yuk!


Comments

Popular posts from this blog

Akhir Kisah Cinta Si Doel, Bikin Emosi Jiwa?

"Anak betawiiiiiii.... Ketinggalan Zaman... Katenyeeeee"
Ahhh lagu ini, masih saja terngiang-ngiang, soundtrack salah satu serial terkenal di era 90an, Si Doel Anak Sekolahan yang tayang di televisi. Saya termasuk salah satu fans beratnya, selalu berusaha nonton serial fenomenal ini di stasiun TV swasta RCTI. Yes, zaman segitu seinget saya cuma ada RCTI lalu berlanjut SCTV. Zaman dimana sinetron atau film serial karya anak negeri masih sangat bermutu. Beda sama sekarang yang berisi intrik horor, drama percintaan yang berlebihan, serta konten alay lebay yang buat umuran saya, malah bikin pusing kepala 😏

Si Doel Anak Sekolahan menggandeng Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, Mandra, bahkan nama-nama bintang kenamaan seperti Benyamin Sueb, Aminah Cendrakasih, Suti Karno dan Basuki, serta tentunya Rano Karno sebagai pemeran utama, pusat dari seluruh rangkaian cerita.

Ya, Si Doel yang anak betawi asli, hidup dengan kesederhanan, kuliah dengan segala keterbatasan dana dan fasilitas…

Fenomena Pasha Ungu Larang Istri Masak, Takut Kecipratan Minyak, Apa Hikmah Yang Bisa Kita Petik?

Kurang lebih seminggu terakhir ini, heboh berita fenomena "Pasha 'Ungu' Larang Istri Masak, Takut Kecipratan Minyak". Beramai-ramai para perempuan yang sebagian besar sudah menikah, lalu membuat statement-statement baik itu serius maupun kocak seputar hal tersebut.


Ketika Suami Memanjakan Istri Kalau Pasha Ungu melarang istrinya masak karena takut kecipratan minyak, bisa jadi ini memang wujud saking sayangnya seorang suami ke istrinya. Saya jadi teringat almarhum kakak sulung saya, semasa hidupnya sangat memanjakan baik itu istri dan anak-anaknya. Sampai suatu saat, ketika istrinya memilih baju di sebuah toko pun, istri kakak saya ini cukup berdiam di dalam ruang ganti, sementara kakak saya keliling mencari baju yang paling pas buat istrinya.

Kisah menarik juga datang dari seorang teman, yang setelah menikah cukup lama, belum dikaruniai anak. Begitu istri teman saya ini ketauan positif hamil, maka langsung memborong aneka tas dan baju branded buat istrinya. Buat sebag…

SIM Model Baru, Tidak Pakai Acuan Tanggal Lahir Lagi! Perhatikan!

Yes, sesuai dengan judulnya, SIM model baru sudah tidak pakai acuan tanggal lahir lagi sebagai tanggal batas waktu perpanjangannnya. Padahal kalau suruh milih, saya lebih senang dengan acuan tanggal lahir, bisa otomatis inget. Tinggal nginget atau ngecek tahun berakhirnya aja.

Apalagi banyak tuh yang masih perlu kita inget seputar tanggal-tanggal perpanjangan. Misal STNK, terus pajak rumah, BPKB, ini kan semua berdasar tanggal dibuat/ diperpanjangnya. Terus sekarang SIM model terbaru juga pakai cara yang sama. Duh rek, jadi makin banyak yang perlu dihapalkan.

Ya bisa sih pakai alarm di hape, tapi teteppp aja ya, perpanjangan SIM model baru dengan tidak pakai acuan tanggal lahir lagi, itu menambah was-was, takutnya telat!

SIM Model Baru Itu Namanya "SMART SIM" Oke, sebelum kita bahas lebih panjang lebar, kenalan dulu yuk sama SIM model baru ini.

Namanya SMART SIM. Dilansir dari website indonesia.go.id, Smart SIM ini diluncurkan bersamaan dengan layanan SIM online pada peringa…