Raport Blog April 2020

Sejak mulai install Moz Bar di chrome, jadilah ketika ada update DA PA maupun spam score, langsung terdeteksi. Kenapa akhirnya pasang Moz Bar? Mmm, karena mulai peduli.

Lah selama ini gimana e? Ya, selama ini, bodooo amat! Ngeblog, ngeblog aja, gak mau pusing tentang kualitas blog itu sendiri.



Lah kok sekarang jadi lebih peduli kenapa? Kalo jawabannya, karena pengen aja, bakal ditimpukin massa gak?

Pengen mulai peduli dengan kesehatan blog. Ya inilah faktor terbesarnya kenapa saya memilih pasang Moz Bar di browser laptop saya.

Dulu *Pernah* Jagoan SEO Gitu Deh! 😝

Ditarik ke belakang sekitar tahun 2009, ketika awal saya tergila-gila ngeblog dan sering nongkrong online bareng para suhu SEO jaman itu, membuat saya sangat tertarik belajar SEO. Sampai kurang lebih 2 tahunan, saya benar-bener fokus ngeblog, sebelum kemudian pindah jalur berbisnis, yang membuat blog terbengkalai, karena butuh benar-benar fokus membangun bisnis tersebut.

Waktu itu, patokan buat bisa dapetin aneka kerjaan blog adalah Page Rank dan Alexa. Page Rank bisa tembus 3 bahkan menyentuh angka 4, bisa dibilang pencapaian tersendiri saat itu. Kalau sekarang, semacam DA 15-20 ini terbilang mantap dah di kalangan perbloggeran! Apalagi bisa diatas 20.

Alexa blog dulu pun, ramping bukan main, padahal saya ada kelola blog pakai bahasa inggris segala. Traffic untuk blog tersebut, bisa mencapai ratusan visitor perhari. Belum lagi yang blog bahasa Indonesia, pernah menyentuh 1000-2000 visitor sehari, sampai harus nambah bandwith hosting, saking overload trafficnya. Jangan ditanya, kemana itu blog, karena gak saya perpanjang cuiiii domainnya!

Itu tuh kelemahan saya, ketika udah fokus di 1 hal, terus hal sebelumnya dianggurin. Ujung-ujungnya nyesel kan?

Saatnya Peduli Dengan Kualitas Blog


Ketika berusaha fokus ngeblog lagi di kisaran 2018, awal saya gak pengen *terbebani* dengan aneka tetek bengek SEO. Udahlah, ngeblog ya ngeblog aja. Nulis ya nulis aja. Perkara DA atau Alexa mau segimana, itu urusan nanti.

Tapi beberapa bulan terakhir ini, saya mulai *teracuni* lagi, buat ngurus blog sebaik mungkin, dengan catatan penting sebagai berikut:

Ok, saya fokus dengan kualitas blog, tapi gak mau lagi punya peternakan blog seperti ketika konsen ngeblog di 2009-2011.

Lah, sekarang bukannya ngurus 3 blog? Ya, ini nih susahnya mantan peternak blog, pengennya 1, eee beranak jadi 3, wkwkwk. But, this is enough! Karena ketiganya udah mewakili kebutuhan ngeblog saya saat ini.

Sekarang fokusnya adalah peduli dan memperbaiki kualitas ketiga blog tersebut, atau minimal blog ini dan blog innaistantina.com yang udah lahir duluan.

Raport Blog April 2020

Semingguan ini, ramai tentang info update DA blog, saya yang udah pasang Moz Bar selama sekitar sebulanan ini, tentunya otomatis tau dengan sendirinya. Hasilnya saya share disini ya, biar jadi pengingat saya juga, serta langkah apa yang saya lakukan, jadi ketika beberapa bulan ke depan ada muncul raport lagi, bisa dievaluasi

1. innaistantina.com



Sebelum ada badai algoritma google, sekitar 2 tahunan lalu, blog ini punya DA hampir menyentuh angka 20. Ketika ada perubahan, mendadak drop hampir separohnya. Pas momen ini terjadi, saya termasuk masih yang bodo amat, ya udah lah, mau gimana lagi.

Ketika mulai peduli dengan kualitas blog, innaistantina punya DA 11, dan spam score 6%. Maaf kalau PA jarang merhatiin 😌

Salah satu bentuk kepedulian itu dengan mulai aktif ikut blogwalking komunitas, dengan harapan DA membaik. Memasang Moz Bar, karena pengen lebih hati-hati lagi komen di blog-blog dengan spam score tinggi. Eee lah ternyata, kehati-hatian aja gak cukup ya, raport per April 2020 ini, malah DA turun 2 poin, dan spam score naik jadi 7%.

Alih-alih mood down, saya malah jadi penasaran, gimana caranya balikin lagi DA minimal ke semula, atau malah bisa lebih naik.

Setelah mencari informasi ke beberapa blog yang mengalami hal sama dan berhasil recovery dan memperbaiki kualitas blognya, saya memutuskan melakukan "Disavow Links". Apa ini? Mmm, boleh googling aja ya, sementara belum sanggup bikin tutorialnya, nanti aja setelah saya tau persis efeknya seperti apa ke blog yang saya kelola.

Meski ada resiko dari proses tersebut, saya siap aja kok, namanya juga belajar. Butuh jatuh bangun dulu ye kan?

Akan seperti apa hasil dari disavow links untuk blog innaistantina, dengan tetap berusaha update di tengah aneka project lainnya seperti blog ini dan blog satunya lagi, dan ada podcast serta youtube? Hahahaha, we'll see. Intinya mah, saya suka banget belajar beraneka hal. Meski suka keteteran sendiri, but I love it!

2. saddhastory.com



Blog saddhastory.com adalah perpanjangan dari youtube dengan nama yang sama, Saddha Story. Jadi ketika di youtube lebih berupa vlog audio visual, maka di blognya berisi kurang lebih hal yang sama dengan vlog, hanya dalam bentuk tulisan. Blog saddhastory.com nichenya lebih ke Food & Travel, sementara blog innaistantina.com karena isinya gado-gado, jadi semacam lifestyle blog gitu ya?

Ajaibnya, dan bikin saya terkaget-kaget, ketika update terjadi, spam score di blog tersebut, menyentuh angka 34% dong! Dari manaaaa ini angka bisa setinggi ini.

Setelah saya ingat-ingat lagi, blog saddhastory tersebut memang banyak terkoneksi saat saya ikut aktif nulis 30 hari di sebuah komunitas. Beda dengan komunitas blogger lainnya, komunitas tersebut lebih ke komunitas penulis. Jadi memang kurang memperhatikan sisi kualitas blog itu sendiri. Malah masih banyak yang hanya menggunakan domain gratisan.

Mungkin yaa, mungkin, ini juga analisa sementara saya, spam score menjadi tinggi sedemikian rupa, karena saya sering interaksi dan meninggalkan link di blog dengan kualitas kurang baik, plus dengan spam score yang tinggi pula. Semacam virus gitu lah, jadi ketularan tinggi spam scorenya!

Uniknya, kapan tuh sebelum proses update, DA sempat turun ke-3 beberapa hari, eeee terus naik lagi ke-5 dan spam score yang aduhai!

Hal yang saya lakukan, sama seperti di blog innaistantina.com, yaitu proses disavow links, jadi yaaaa tunggu aja, nanti bakalan seperti apa efeknya beberapa bulan ke depan setelah ada update terbaru.

So far, dari yang saya baca, disavow links ini ada yang sebentar, ada yang berminggu-minggu, ada yang berbulan-bulan. Kalo saya, daripada puyeng liat mulu spam score itu, mending berkarya aja terus, sambil nunggu hasil dan siap-siap evaluasi.

3. emakeksis.com




Lahirnya blog ini, bisa dibaca di cerita dibalik lahirnya emak eksis, postingan persis sebelum postingan tentang raport blog april 2020 ini.

Domain yang saya beli di bulan juli 2019 ini, dannn baru saya isi mulai januari 2020 ini, sebelum update google terbaru, berada di DA 3, dan ketika update berlaku, menjadi 6 dan spam score ZERO, alias terbilang amat sangat aman.

Awal ketika beli domain karena memang alasan personal kebangkitan saya secara psikologis, tapi kemudian bingung, ini blog mau diisi apa ya, apa beda dengan innaistantina.com?

Sekarang, lebih ke proses untuk mengamati dan belajar sih, emakeksis.com sebagai domain baru dan saya maintain dengan cara yang lebih hati-hati beberapa bulan terakhir ini, meski kadang masih lupa juga dengan aturan jangan pakai link domain kalo komen di blog dengan spamscore tinggi 😅

Sementara innaistantina.com jadi tantangan tersendiri, untuk bisa menaikkan kembali DA dan menurunkan spam score. Sedikit curhatan, sebenernya agak kesel dengan hosting blog innaistantina yang servernya sering down beberapa bulan belakangan ini, eh atau malah setaunan lebih ini ya. Mana sekarang CS suka lelet jawab email, WA CS yang dulu aktif entah kenapa sekarang enggak, atau ganti nomor? Ahhhh saya agak ilfil, dan pengen pindah hosting sebenernya. Tapi tunggu dulu deh, abis bayar juga awal tahun ini 😂

Ilmu Blog Selalu Bertumbuh!

Yang paling penting dari semua hal tentang blog adalah, ilmunya selalu bertumbuh, gak ada matinya. Mengikuti jaman dan kebutuhan. Jadilah para pelakunya seperti saya begini, selayaknya terus belajar dan belajar. Dulu ngetrend Page Rank, sekarang DA dan spam score, entah nanti berapa tahun lagi tentulah ada hal baru.

Bahkan dulu, masih peduli tuh dengan ranking di yahoo.com, sekarang apa kabar tuh ya? Semua yang demen SEO, fokus gimana caranya masuk 10 besar google.

Kalo ilmunya saja terus bertumbuh, yang mengaku sebagai blogger, iya juga kan?

Demikian raport blog yang saya kelola, per April 2020 ini, gak sabar eui gimana progressnya beberapa bulan ke depan, tentu dengan usaha yang lebih gigihhh ya Na Naaaa!

-------


Update 7 April 2020, innaistantina.com balik lagi DA ke 11, spam score tetep, sementara saddhastory.com DA turun ke 4 dengan spam score tetep. Mmmm keknya disavow belum ngaruh ya? Atau udah? Atau ini baru proses 'nilai-penilaian' lagi? ☺️



Post a Comment

EmakEksis.com | A Lifestyle Blogger
Theme by MOSHICOO