Review Film Antrum, Beneran Seram dan Mematikan?

Akhir-akhir ini, viral sebuah film yang disebut-sebut punya daya magis tersendiri dan bisa menciderai para penontonnya, Antrum, The Deadliest Film Ever Made

Di channel youtube para youtuber yang sering membahas hal-hal supernatural ataupun konspirasi, seperti Nessi Judge, Hirodata Radifan, Nadia Omara ataupun Yuvi Phan, ramai dengan komentar minta informasi tentang film Antrum yang misterius ini.

Ya secara Mak juga suka ya nonton-nonton film yang ada aroma-aroma horornya, otomatis rasa penasaran muncul tentang hebohnya aneka spekulasi tentang film Antrum ini.

Spekulasi tentang apa?

Entahlah, lebih baik menyebutnya sebagai spekulasi atau asumsi ya? Dengan mengambil tagline, The Deadliest Film Ever Made, film Antrum semacam ingin menegaskan ke calon penonton, ini nih film paling mematikan dan mengerikan yang bakal kalian tonton!


Rumor yang Beredar tentang Film Antrum


Okey, yang bikin film ini jadi viral, sebenarnya adalah karena beragam pemberitaan serba creepy yang menyelimuti film Antrum.

Utamanya, film Antrum ini disebut-sebut sebagai film yang mematikan. Ada yang menyebut kalau setelah nonton film ini, akan dilanda kecemasan mendalam, ketakutan bahkan kematian.



Di banyak komentar yang penasaran dengan film ini, pertanyaan yang muncul adalah, "Nonton Antrum gak papa ya?". "Aku mau deh nonton, tapi ramai-ramai sama temen-temen". "Kak, setelah nonton itu apa yang terjadi".

Ya ya ya, karena Mak penasaran, dan percaya namanya kematian itu ya bisa datang kapan saja, bukan cuma gegara nonton film, jadilah akhirnya Mak nonton ye, untuk ngecek sih, apakah rumor yang beredar tentang betapa seremnya film tersebut, emang beneran seremmmm?


Sinopsis Film Antrum 


Sekitar 9 menit awal film ini, diisi dengan aneka warning tentang bahaya menonton Film Antrum, bahkan digulirkan juga informasi yang dipercayai sebagai fakta, meninggalnya puluhan orang dimana tempat mereka nonton Antrum ini, meledak. Dipercaya juga, beberapa orang lainnya yang terlibat dalam proses screening film juga meninggal mendadak.

Ya ya ya, boleh percaya, boleh enggak.

Tapi yang pasti, film ini menceritakan hal yang sederhana banget sih, yaitu tentang seorang anak bernama Nathan yang sedih dengan kematian Maxine, anjingnya.

Ibu Nathan menyebutkan bahwa Maxine masuk neraka, inilah yang membuat Nathan sedih, sampai selalu terbawa mimpi buruk tentang kematian Maxine.

Melihat hal tersebut, Oralee, kakak Nathan, mengajak Nathan untuk memanggil *soul* Maxine, supaya Nathan gak sedih lagi. Caranya adalah menggali lubang di sebuah hutan tempat bunuh diri, karena disitulah pintu masuk ke Antrum, yaitu jalan ke neraka dengan berbagai lapisan.

Setiap lapisan terbuka, ada kejadian-kejadian yang membuat Film Antrum ini, sepertinya memang ada bumbu-bumbu mistisnya. Benarkah demikian? Lalu apakah mereka berhasil memanggil jiwa Maxine? Hal mengerikan apa yang mereka temui selama berada di hutan tersebut?

Ah ya, nanti dikit-dikit ada spoiler di kesan-kesan Mak setelah nonton film ini aja, sok baca terus sampai kelar ini postingan.


Film Antrum, Mari Kita Cari Dimana Letak Seremnya!


Setiap nonton film horor, Mak selalu siap-siap nih, kira-kira ntar seremnya muncul pas bagian apa ya? Seperti ketika nonton Conjuring atau Anabelle, kerasa tuh ya intens banget, bikin deg-deg-an, bikin penasaran, bikin dikit-dikit nutup mata pakai tangan, jadi nontonnya sambil ngintip di balik jari jemari 😜

Nah, terus apa yang terjadi pas Mak nonton film Antrum ini? Bagian mana seremnya?

Di awal film, antara warning bahaya nonton film dan sebelum film dimulai, ada sekitar 30 detik hitungan waktu mundur, ini seolah-olah nunjukin ke penonton, untuk make sure, beneran loe mau nonton?

Disini Mak, jujur berharap banyak, wahhh ini kayaknya film beneran serem.

Nonton Sambil Dengerin Pakai Headset, *Bisa Jadi* Serem

Ok, jadi yang bikin serem tuh kalau Mak perhatikan, ada di latar musiknya. Kadang kayak ada bisikan-bisikan di sela-sela musik yang mengalun. Terus ada senandung-senandung perempuan, yang kalau Mak lihat detail lagi, itu juga berasal dari Oralee, kakak Nathan yang sesekali bersenandung untuk menenangkan adiknya.

Kemunculan Simbol-Simbol Satanik

Nah, di film Antrum ini, ada simbol-simbol seperti pentagram, terus ada juga patung dewa kepala kambing, yang mana kemunculannya cukup sering dari awal hingga akhir. Kalau misal ini yang dibilang serem oleh sebagian orang, kenapa buat Mak biasa aja ya? 😑

Apalagi coba deh, di beberapa part, matiin aja suaranya, terus nonton beberapa menit, gak kerasa blassss itu seremnya. Serem enggak, tapi mengganggu iya!



Hal yang Mengganggu & Mengganjal di Film Antrum


Ini nih, 5 list hal apa aja yang menurut Mak mengganggu dan mengganggu di film Antrum:


Ini Film 1979 yang diremake?

Film Antrum yang dipercaya asli, muncul di tahun 1979, tapi karena menimbulkan banyak kematian, akhirnya sengaja dilenyapkan. Nah, lalu di tahun 2018 ini, entah dibuat lagi, atau seperti remake tapi dengan acuan film yang lama.

Kalau kita gak jeli, kita bisa aja anggep kalau film Antrum memang bener-bener film jadul. Film ini memang dibikin seolah-olah film lama, dengan tampilan gambar vintage yang kental. Intinya mah, kita kayak nonton film jaman dulu.

Tapi kalau kita telusuri lebih jauh, dan perhatikan siapa pemerannya, maka kita bisa tau, ini film termasuk baru kok. Wong, pemainnya aja umurannya gak jauh beda dengan yang ada di film. Sebut Nicole Tompkins si pemeran Oralee dan Rowan Smyth pemeran Nathan, paling cuma beda beberapa tahun doang dari ketika mereka memerankan film Antrum.

Kalau memang bener-bener film Antrum ini dibikin tahun 1979, kan ya harusnya pemainnya udah pada tuwir?

Bukan Serem, Tapi Iyuhhhh!

Sumpah ya, menurut Mak, ini film gak ada serem-seremnya. Justu ada beberapa part yang bikin iyuhhhh.  Eh ini bukan iyuh, berdarah-darah kayak film thriller gitu sih, tapi lebih ke hal-hal abnormal yang ada di film ini. Seperti ada salah satu scene seseorang yang bersenggama dengan binatang yang udah mati, meski ini cuma sekian detik, tapi tetep aja buat Mak ini iyuhhhh. Gak banget lah, kalau film yang menyematkan horor, tapi masih ada adegan gituan gak penting!

Musiknya ituuuu???

Mmm musiknya ini loh, kenapa sering banget muncul dan terlalu over sih. Jadi kadang gak pas gitu penempatan musik dengan scene yang tampil.

Tupai Oh Tupai

Ada nih, salah satu bagian dimana ketika Oralee dan Nathan sedang sibuk menggali lubang menuju neraka, muncullah tupai yang dipercaya sebagai jelmaan iblis yang mengganggu. Tapi plis deh, kalau memang mau ada adegan tupai tersebut, kenapa tupainya harus boneka sih? Boneka yang digerakkin seperti stop motion gitu. Sumpah ini aneh banget

Simbol Satanik Lebay

Beberapa scene menampilkan gambar menyerupai manusia yang ada tanduknya, which is itu sering kita jumpai di film-film lainnya, dan dianggap sebagai iblis. Itu bisa loh video si iblis meringis ituuu doang selama kurang lebih 30an detik. Hadeh, buat Mak malah ini aneh. Lebay, overdose! Gak cuma sekali loh scene seperti ini.

Orang-orang terluka?

Nah ini yang Mak juga bingung, di beberapa bagian itu kadang suka diliatin pasangan laki dan perempuan, tanpa busana, berpelukan tapi menangis, semacam mereka ini disiksa, terus akhirnya mereka meninggal dunia. Bingung dah, ini koneksi ke ceritanya gimana sih? Apa cuman buat bikin nakut-nakutin doang?


Kesimpulan Review Film Antrum


Intinya mah ya, ada 2 hal penting tentang film Antrum ini,


Pertama, bukan untuk anak-anak

Karena kalau kalian baca detail lagi postingan ini, ada bagian-bagian yang memang dewasa banget. Meski ada pemain anak-anaknya di film Antrum ini, bukan berarti ini juga aman untuk anak-anak ye!


Kedua, Ngebosenin!

Hwaaaa, jujur kalau bukan karena penasaran dan pengen review film Antrum ini, Mak udah berhenti nonton di 20 menit pertama. Lambatttttt banget alurnya. Sampai ada komen kalau film ini mematikan para penonton karena saking ngeboseninnya.

Udah ya gengs, cukup sekian review film yang baru viral ini, daripada Mak makin nyinyir 😌

Sampai ketemu di review film berikutnya, atau ada yang punya ide Mak nonton film apa yang buat direview?

4 comments

  1. Kok aku baru denger ya film ini? Film horor kayak gini pasti suamiku suka nih.
    Sebenernya kalo film horor itu yg bikin seram itu suaranya sih :D
    Jadi kalo mau nonton film horor, trus suaranya dimatikan atau minimal pakai headset saat di bioskop, percayalah, film horor jadi film biasa aja jadinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa iyaaa mbk bener, horor itu di musiknya, tapi kalo musik gak pas dan mengganggu juga bikin ilfill nontonya

      Suami saya malah kurang suka nonton horor, lebih suka film perang, action yang serba tembak-tembakan, yanggg saya gak terlalu sukaaa:D

      Delete
  2. Owh, ternyata film ini memang mematikan penonton, mematikan penonton saking bosennya ya Mak.😂

    Iya tuh, ada adegan begituan memang ngga pantas ditonton anak kecil, apalagi di tonton bulan puasa, astaghfirullah.😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhh nanti nonton setelah bulan puasaaa ajaa mas, xixixxiii

      Delete

EmakEksis.com | A Lifestyle Blogger
Theme by MOSHICOO