Selamat Jalan Glenn Fredly, Terimakasih Untuk Karya Penuh Rasa & Pesona

Mengenang Glenn Fredly, artinya mengenang segala karyanya yang luar biasa

pic: RRI


Generasi era 90-an, pasti kenal banget dengan lagu-lagu seperti Terpesona dan Di Pantai Cinta. Pertama kali kedua lagu tersebut muncul, saya langsung penasaran, menunggu kapan datangnya majalah remaja langganan, supaya segera tau informasi tentang siapa yang menyanyikan lagu tersebut.

Adalah Funk Section, yang saya kenal dimasa itu, membawakan lagu-lagu indah tersebut. Baru kemudian setelah mendengarkan radio dan membaca beberapa artikel musik, barulah saya tau, ada suara indah dibaliknya, yaitu Glenn Fredly.

Sejak mulai berkarir bersama Funk Section, sepertinya karir Glenn Fredly, melaju tanpa henti. Hampir semua lagu-lagu pilihan di dalam albumnya, senantiasa menjadi hits. Bahkan derasnya lagu-lagu Kpop yang masuk ke Indonesia beberapa tahun terakhir ini, gak menggoyahkan Glenn Fredly tetap berkarya di jalurnya, dengan berkarya bersama Yovie Widianto & Tulus, dengan lagu apik bertajuk "Adu Rayu".


Jalur pop-jazz-r&b romantis, beginilah cara saya mengenal musiknya. Sentuhan pop ditambah alunan r&b, dan sesekali muncul nuansa jazz yang menghentak meski kadang terasa tipis, tapi tetap memikat hati pendengar lagu-lagunya.

Glenn Fredly, Menyanyi Dengan Rasa 


Dalam sebuah kelas dubbing beberapa waktu lalu, seorang sutradara yang menjadi pemateri, menyebutkan pentingnya kekuatan rasa dalam sebuah karya. Menyontohkan, beberapa penyanyi atau artis, yang terlihat cantik atau ganteng, bahkan punya teknik vokal yang bagus, tapi ketika semua ditunjukkan tanpa rasa, maka semua menjadi NOL BESAR!

Glenn Fredly, adalah salah satu musisi yang berhasil mencuri perhatian banyak orang, karena ia menyanyi dengan rasa. Rasa yang ia sampaikan tepat sesuai dengan rasa para penikmat karya-karyanya.

Meski mungkin, bagi sebagian orang, mendengarkan lagu Glenn dibilang cengeng atau baperan. Yah, maybe they are right. Tapi bukankah begitu, ketika orang sedang jatuh cinta?

Masih ingat jaman remaja, hormonal yang bergejolak, rasa deg-degan, naksir-naksiran yang meski hanya berani di simpan di dalam hati atau di dalam buku yang bernama diary, disinilah lagu-lagu yang Glenn Fredly bawakan, masuk ke relung-relung rasa pemuda pemudi era 90-an dengan sangat mulus.

Buat saya, karya Glenn Fredly ini penyeimbang rasa. Karena manusia lahir dengan bekal akal dan rasa. Cinta memang gak bisa diterjemahkan dengan logika. Misal gimana saya yang serba suka musik begini, kenapa berjodoh dengan lelaki yang ketukan nada pun gak paham. 

Itulah cinta, gak pernah bisa dilogika, karena berada dalam lini rasa.


Glenn Fredly, Karya Penuh Pesona


Begitu pula dengan lagu-lagu Glen Fredly, memikat dan mempesona banyak kalangan, mau orang kantoran yang hampir selalu mampir ke tempat nongkrong menikmati malam harinya bersama teman-temannya, atau dinikmati pengamen pinggir jalan yang mengais rejeki dengan menyanyikan lagu-lagu seperti Kasih Putih, Akhir Cerita Cinta, Januari ataupun lagu-lagu Glenn Fredly lainnya yang selalu penuh makna dan pesona.

Selama masih siaran dulu, dari awal siaran di masa kuliah sampai terakhir siaran ketika sudah beranak 2, lagu Glenn Fredly era tahun berapapun, selalu jadi incaran request para pendengar radio. 

Selain karena easy listening, lagu-lagu Glenn Fredly memang selalu penuh pesona. 

Perhatikan aja deh, caranya membawakan tiap lagu, selalu berhasil bikin gemuruh dan decakan kagum pendengarnya ataupun penonton yang melihatnya di dalam pertunjukan langsungnya, tentunya dengan segala talenta dan pesona yang dimilikinya.

5 Lagu Glenn Fredly Terfavorit Sepanjang Masa Versi Emak Eksis

Sumpah ya, kalo suruh bikin list, lagu Glenn Fredly apa yang paling saya suka, kok susah bener ya. Hampir semuanya enak-enak, dan termasuk lagu yang sing along, alias tanpa sadar kita suka bersenandung lagu tersebut.

Tapi demi generasi jaman now yang gak paham-paham nih, kalau ternyata Indonesia punya penyanyi super keren dengan penghayatan menyanyi yang luar biasa, gak perlu pake nari-nari heboh, gak perlu pake outfit super kece badai, gak perlu pake lirik lagu serba menghujat. Cukup 3 hal saja, yaitu rasa, talenta dan pesona. Glenn Fredly punya ketiganya!

Nah, berikut ini lagu-lagu Glenn Fredly terfavorit sepanjang masa versi Emak Eksis:

1. Adu Rayu


Ya, ini merupakan salah satu lagu terbaru yang Glenn nyanyikan secara kolaborasi, tapi buat saya, lagu ini passs banget musiknya dengan era kekinian, dengan tetap mengusung ciri khas romantisnya.

2. Gelora Cinta

Karya Glenn Fredly, bersama dengan Tompi dan Sandi Sandoro dalam TRIO LESTARI ini, saya bilang sebagai lagu yang asyik banget, baik lirik maupun komposisi musiknya. Meski bisa dikatakan sebagai sebuah proyek idealis, tapi lagu ini tetap mampu mencuri perhatian.

3. Malaikat Juga Tahu


Duh lagu ini, gak pernah bosen dengernya. Menurut saya, meski dibawakan dalam beberapa versi penyanyi, punya Glenn Fredly ini tetap paling juara. Sekali lagi, Glenn berhasil membawakannya dengan rasa, talenta dan pesona!

4. Kisah Romantis


Sering banget, jaman siaran dulu, saya pakai lagu Kisah Romantisnya Glenn Fredly ini sebagai salah satu deretan dalam lagu opening, karena termasuk ngebeat dan mampu ngedongkrak mood penyiar di awal siaran. Ada yang suka lagu ini juga?


5. Di Pantai Cinta

Ini adalah lagu yang bikin saya langsung ngefans dengan suara Glenn Fredly. Meski sayang nih, saya belum bisa menemukan video klip original masa itu. Sementara saya belum share dulu ya, saya hanya share video dari sumber aslinya aja ya, karena saya tau benar gimana perjuangan bikin konten, jadi saya gak yang upload ulang atau hanya menampilkan suara Glenn tanpa video klip.

Nah, adakah diantara list diatas adalah lagu favoritmu juga? Atau boleh yuk sebutkan lagu Glen Fredly yang mana yang paling kamu suka?

Selamat Jalan Glenn Fredly



Hari ini, 8 april 2020, hari dimana seorang sosok musisi besar bernama Glenn Fredly menghembuskan nafas terakhir.

Last but not least,

Selamat Jalan Bung
Terimakasih untuk segala karya indah
Penuh talenta
Rasa dan Pesona
Rest in Peace 

Post a Comment

EmakEksis.com | A Lifestyle Blogger
Theme by MOSHICOO