Review Film Serial Go Back Couple, Drakor Pertama Yang Bikin Emak Eksis Jatuh Cinta!

Drama Korea itu Bukan Pilihan? 🙊


Selama bertahun-tahun, saya kekeh gak pengen melirik drama korea, meski banyak teman facebook maupun ponakan-ponakan yang sudah heboh duluan tentang aneka review drakor. Saya tetep anteng, gak tergerak pengen cari tau. Sampai suatu hari saya melihat cuplikan salah satu drakor berjudul Go Back Couple yang tayang di sosial media.


Eh lah, kok tumben langsung tertarik ya. Padahal sebelumnya udah lumayan sering nonton potongan drama korea lainnya, tapi gak ada tergerak buat nonton juga.

Malah sempet ngobrol sama suami, betapa herannya saya kenapa sih para emak-emak itu suka banget nonton drakor? Memang apanya yang bagus? 

Nah ini nih, yang namanya benci jadi rindu.

Kuwalat kan sekarang, gara-gara cuplikan Go Back Couple, terus jadi penasaran dan pengen nonton seluruh episodenya 😜


Go Back Couple, Bikin Penasaran!

Sebelum nonton, saya gak mencari tau dulu sebenernya resensinya seperti apa. Dari potongan tayangan di facebook itu saya pikir sudah cukup. Langsung lah search google, gimana sih ini cara nonton drakor? Wkwkkwwk maapkan kalo katrok. Sumpah, beneran gak ngerti cara akses nonton perdrakoran ini gimana.

Tapi karena saya juga sering nonton film dengan genre lainnya, maka saya yakin ini harus download aplikasi sepertinya, karena saya gak terlalu suka nonton di website gratisan penyedia aneka film, kadang suka berhenti-berhenti sendiri, dan kalau suruh download, duh saya gak suka, selain menuh-menuhin memori, saya males harus milihin mana yang harus dihapus dan mana yang enggak 😑

Akhirnya, saya download dong aplikasi VIU, yang saya baru ngeh, sekilas pernah liat waktu ponakan pakai aplikasi ini juga buat nonton drakor selama beberapa tahun. Deh, bela-belain banget sih. Ya gimana Mak, penasaran eui! Sumpah belum pernah saya sepenasaran ini dengan drama korea sebelum nonton potongan scene Go Back Couple.


Go Back Couple, Bukan Sekedar Drama Romantis

Adegan yang bikin saya langsung memutuskan nonton drama korea Go Back Couple ini bukan karena kisah romantisnya atau intrik-intrik drama yang cukup kental, tapi justru adegan ketika Choi Ma Jin Joo yang diperankan Jang Na Ra berantem dengan kakaknya di depan Bapak Ibu mereka. Ekspresi dan dialog yang disajikan dapet banget sih! Gak garing, gak lebay.

Belum lagi ketika Choi Ban Do (So Ho Jun) dan Ma Jin Joo (Jang Na Ra) bertemu lagi di kampus, ini kenapa saya melihatnya justru kocak ya. Sama-sama belagu, sama-sama gak pengen kenalnya ini loh yang gemesin banget.

Ditambah banyak scene lainnya, yang kalau diikuti bikin makin penasaran buat nonton episode berikutnya. Pantas aja, kalau Go Back Couple ini termasuk salah satu yang hits diantara para pecinta drakor sejak tayang perdananya di tahun 2017.


Go Back Couple, 12 Episode Saja

Nah ini yang saya suka, drakor Go Back Couple, cukup 12 episode saja. Setelah saya telusuri, memang ternyata tipikal drakor ini rata-rata hanya belasan sampai puluhan episode, meski tetap ada yang punya ratusan episode.

Buat saya yang bukan pecinta sinetron dan amat sangat pemilih saat nonton film, Go Back Couple ini terbilang pas secara takaran cerita dan durasinya. Saya paling males, kalau harus nonton serial yang berkepanjangan.

Jadi setelah saya download aplikasi buat nonton, saya langsung cek tuh ada berapa episode ya? Setelah tau cuman 12, ya wes saya siap nonton kalo begini. Ya meski keskip ngerjain ini itu dulu, akhirnya selesai juga nonton ke-12 episodenya.

Go Back Couple, Begini Sinopsisnya!

Namanya juga sinopsis, saya usahakan sesingkat mungkin saja ya, karena sudah banyak juga kok yang menulis lengkap bahkan detailllll banget! Nah, saya lebih suka menulis review dan pendapat saya tentang apa yang ditonton, bukan tentang apa yang isi keseluruhan dari cerita. Kalau pengen tau jalan cerita seluruhnya, monggo silahkan nonton.

Ok, jadi cerita dalam drama korea Go Back Couple ini menampilkan konflik pasangan muda yang berjuang untuk mempertahankan pernikahan mereka, sampai kemudian memutuskan ingin bercerai. 

Hanya saja, sebuah kesempatan kedua hadir dalam hidup mereka, atau bisa dibilang kesempatan ini adalah kesempatan untuk memilih lagi di masa lalunya. Apakah akan memilih pasangan yang sama ataukah berbeda? Apakah nantinya ketika memilih pasangan yang berbeda, maka hidup akan lebih baik? Ataukah lebih baik kembali ke pasangan yang sudah dipilih?

Mmm, segitu saja lah ya sinopsisnya, tuh kan bener-bener pendek 😋


Drama Korea Go Back Couple, Apa Moral Storynya?

Drama korea memang selama ini berhasil menyentuh hati para pecintanya terutama kaum hawa dari berbagai usia. Alasannya sederhana, menampilkan hal-hal yang real life dan dekat dengan konflik relationship yang menarik untuk kita ikuti.

Sebagai perempuan yang sudah menikah 14 tahun, setelah menonton full episode Go Back Couple ini, saya menemukan beberapa moral story atau hal yang bisa dipetik hikmahnya. Apa saja?

1. Komunikasi Antar Pasangan Suami Istri

Salah satu alasan tokoh utama dalam drakor ini memutuskan untuk bercerai, karena ada kesalahpahaman. Kenapa bisa terjadi? Suami terlalu sibuk bekerja, istri yang IRT juga sibuk dengan segala kegiatan di rumah, tanpa ART, punya bayi yang baru aktif-aktifnya. Bagi para emak-emak, pasti tau benar, ini melelahkan, dan gak mudah. Apalagi ketika suami, gak mau terlalu aktif membantu ketika istri sedang dalam tahap capek-capeknya.

Disinilah konflik mulai muncul dan terbangun. Ibarat kata, emosi makin menumpuk, rasa kepercayaan makin memudar antar pasangan, hingga berpisah adalah jalan keluar paling mudah yang terpikir saat itu juga.

Yang bisa kita pelajari, menjadi lebih terbuka ke suami, itu gak papa kok. Dari awal pernikahan, makin kita bisa membangun komunikasi baik, maka makin mudah menyampaikan segala unek-unek ke suami. Begitu pula sebaliknya, suami juga akan sharing seputar pekerjaan kantornya atau hal apapun ke kita.

Membangun komunikasi antara suami istri ini memang gak gampang, gak butuh setahun dua tahun. Saya pun butuh bertahun-tahun untuk akhirnya bisa benar-benar saling bicara heart to heart. Bagi para emaks yang mungkin masih berusaha menjalin komunikasi ke suami, semangat ya Mak!

2. Waktu Terus Berjalan

Jika di dalam cerita drakor Go Back Couple, pasangan suami istri punya kesempatan kedua untuk memilih karena bisa kembali ke masa lalu (time travel), sayangnya kita hidup di dunia nyata ya Mak. Apa yang sudah kita putuskan, ya itulah yang wajib kita jalani.

Dalam rumah tangga, ada saja masalah yang datang silih berganti. Entah itu kecemburuan, ketidakpedulian satu sama lain, sampai ke tahap ilfil dengan pasangan sendiri. Belum lagi masalah dari lingkaran keluarga besar, gak cocok dengan mertua atau konflik dengan ipar yang bisa memanas kapan saja.

Menikah adalah bagian hidup, pasti ada ajaaa yang bakal kita hadapi. 

Saya pun gak mudah, dan saya yakin, banyak yang merasakan hal yang sama. Penuh perjuangan banget membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warohmah.

Menikah adalah konsekuensi, dengan mengingat bahwa waktu gak bisa diputar lagi. Semacam kita masuk jalan tol, sudah bayar, ya jalan terus sampai ke tujuan. Jika pun kita memilih berhenti sebentar di rest area, atau bahkan keluar bentar dari jalur tol untuk memilih jalur biasa, anggap lah ini ketika hubungan kita dengan pasangan memang gak sedang baik-baik saja.

Artinya baik suami ataupun istri, butuh saling analisa, evaluasi dan memperbaiki bersama-sama.

Dannn lagi-lagi, ini butuh faktor komunikasi baik yang dibangun setelah menikah.

Melalui drakor Go Back Couple ini, kita juga bisa belajar banyak hal tentang bagaimana menghargai waktu yang berasa berlalu begitu cepat dan hilang begitu saja, serta mengingat kembali, apa yang membuat kita jatuh hati ke pasangan kita ketika akhirnya kita putuskan untuk menikah dengan orang tersebut? Hal-hal apa yang membuat kita tertarik padanya? Apa yang membuat kita makin semangat dengan pasangan kita?

Dari serial ini, saya juga belajar bahwa,

Menikah bukan tentang kesempurnaan, menikah adalah tentang belajar saling menyempurnakan. 










8 comments

  1. Hi mba :D

    Go Back Couple ini salah satu drama yang saya suka juga, hehehe. Memang bagus sekali ceritanya dan sarat pesan moral especially untuk pasangan-pasangan yang sudah berkeluarga <3 dari Go Back Couple saya belajar kalau kadang karena rutinitas yang ada, saya jadi sering lupa untuk menghargai waktu dan keberadaan orang yang saya sayang :)

    Ditunggu review-review berikutnya, mba <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya eui, gak nyangka ternyata drakor tuh asik jugaaaa. Harus atur-atur waktu nih, biar gak keteteran waktu abis nonton drakor. Tapi kalo yang episode-episode panjang, dijamin saya bakal nyerahh, paling diskip-skip doang, penasaran endingnya gimana, xixixi

      Delete
  2. huhuhuhu 112 episode kok 'saja' sih Mbaaaaa, banyak tauk! qqiqiqiqiqiq.
    Saya nonton intensif tuh cuman episode 1-3, selanjutnya suka di skip-skip atau percepat, abisnya kurang menarik sih, klimaknya itu di episode awal-awal doang hahahaha.
    khususnya merasa related dengan rumah tangganya, itu persis banget ama saya dan paksu hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reyyyyy, 12 bukan 112 🤣🤣🤣

      Iya nih aku juga pilih-pilih banget nonton drakor, males kalo yang panjang-panjang banget episodenya, emang kagak ada kerjaan lain? 😂

      Delete
    2. qiqiqiqiq iya Mba 12 episode.
      jujur sebenarnya semua drakor itu agak mirip-mirip.
      Klimaksnya tuh di awal-awal doang, pinter banget mereka bikin kesan pertama yang mengikat penonton.
      Tapi setelah episode di atas 3 an gitu, udah mulai ngembang.
      Sebenarnya rada mirip sih sama sinetron Indonesia, bedanya mereka bisa dengan smooth gitu mengalihkan, jadinya penonton nggak nyadar.

      Dan yang bikin bete itu, ending semua drakor itu kurang greget, ditunggu-tunggu sampai kebawa mimpi, eeehh ujung-ujungnya tema 1 menit dimolor jadi 1 jam hahaha.

      Etapi itu menurut saya sih, makanya saya cuman suka nonton film ketimbang berepisode-episode :D

      Delete
    3. Bener-bener, mending film sekali nonton kelar selesai. Nyebelin kalo kepanjangan, jadi semacam ketebak gitu alurnya.

      Khusus drakor, yang bikin orang tertarik itu keknya memang jagonya para penulis naskah bikin alurnya smooth, cut to cutnya juga bagus, gak kasar kayak FTV Indonesia.

      Kuncinya mah, kalau nonton drakor, jangan kebawa emosi, ntar bisa senewen, wkwwkkk

      Delete
  3. Wah, Go Back Couple ini favorit saya bangettt, sampai bikin review-nya juga di blog hihi

    Ini pertama kalinya aku nonton Kdrama yang menggunakan plot time travel dan mengangkat tema pernikahan. Suka banget dengan ceritanya sejak episode pertama, kok kayaknya setiap yang dialami oleh Jin Joo aku pun bisa merasakannya juga ):

    Kdrama ini cocok banget buat yang ingin atau baru menikah, karena banyak pesan moral yang bisa diambil. Plusss, jumlah episodenya pas banget ya memang, nggak panjang juga nggak terlalu pendek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaaa mb, jumlah episode nih ngaruh banget yaaa. Kalau panjang banget itu haduhhh, PR deh! Udah males duluan kalo jumlahnya berpuluh-puluh episode. Yang ada saya jadi skip-skip aja, yang penting tau endingnya gimana, wkwk

      Delete

EmakEksis.com | A Lifestyle Blogger
Theme by MOSHICOO